Rabu, 21 November 2012

Daur Ulang Kain

Permak Baju


Berawal dari baju diatas yang bagian bahunya sudah lubang karena dimakan tikus (lupa sih pintu lemari nggak dikunci jadi bisa masuk si tikusnya) dan rok yang sudah lama nggak kepake aku permak menjadi jubah dan akhirnya kepake lagi untuk baju harian. Wah menyenangkankan dan memuaskan.

Lihat ni hasilnya :

Maaf gambarnya kurang jelas.

Untuk bagian bahu yang lubang gara-gara dimakan tikus aku tutup dengan karet samping kanan kiri bagian rok, he he he lucu juga :

Kemudian bagian tangan aku kasih hiasan dari kain dan kancing yang juga di ambil dari roknya tadi dan ini gambar jelasnya :

Uhuuiii bermanfaat lagi …..

Melihat tas sekolah anak yang sudah rusak tapi sebenarnya rusaknya tidak begitu fatal karena cuma gambar depannya yang sudah sobek.

Akhirnya aku berfikir menggantinya dengan gambar Angry Birds “tokoh dalam game yang lagi ngetren”

Pertama aku menggambar pola di kertas kemudian di jiplak di kain sesuai dengan warna yang diinginkan dan jadinya seperti ini :

Gambar 1


Gambar 2


Setelah itu saya tempelkan di kain tas dengan dijahit pakai tusuk sum. Kainnya saya ambilkan dari tas satunya lagi yang juga sudah rusak.

Mudah tapi perlu kesabaran dan jadinya seperti ini :


Sengaja saya tambahkan tulisan “LUTHFI” nama anak saya dan tulisan “ANGRY BIRD” dengan benang warna cerah agar kelihatan menarik. Untuk tulisan Power Ranger tidak saya tutup karena untuk mengenang sejarah bahwa sebenarnya dulu tas itu bergambar Power Ranger.



Dan akhirnya tas itu bermanfaat untuk mengaji di TPA.

Dengan mendaur ulang / merehab / memperbaiki / permak barang bekas menjadi bermanfaat adalah suatu kepuasan tersendiri.

Kotak obat ini saya buat karena banyak melihat obat yang ditaruh sana, taruh sini nggak karuan gitu.

Nah biar jadi satu saya buatkan kotak obat tapi bahannya cuma dari kardus bekas dibungkus kertas kado, sederhana sih tapi bermanfaat dan kelihatan rapi.

Bahan-bahannya seperti terlihat di gambar ini:


Kemudian untuk proses, caranya simpel tinggal kardus dibungkus kertas kado  seperti ini :


Untuk tutupnya saya buat potongan kardus seperti dibawah kemudian dibungkus kertas kado selanjutnya di kasih mika untuk tengahnya sebagai ganti kaca :


Dan akhirnya jadilah seperti di gambar ini :


Isinya ada :

Minyak Telon, Minyak Tawon, Bedak Caladine, Tes Mata Otem, Insto, Albotil, Cuttonbut, Soffel, dll.

0 komentar:

Posting Komentar